Tips dan Cara Mengatasi Luka Bakar Secara Alami dan Mudah

mengatasi luka bakar

mengatasi luka bakar

Bagaimana cara mengatasi luka bakar yang selama ini anda ketahui? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan luka bakar. Misalnya karena terkena minyak panas, knalpot, air panas, bahan kimia, atau terkena api.

Tentunya jika tidak segera ditangani, akan berdampak kurang baik. Biasanya bagian kulit yang mengalami luka bakar akan melepuh, mengelupas, dan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan. Biasanya ketika dibawa ke dokter, penderita luka bakar akan diberikan salep atau krim.

Sebenarnya pertolongan untuk luka bakar pun bisa anda lakukan sendiri di rumah. Anda bisa memanfaatkan bahan bahan alami yang ada di sekitar anda. Berikut ini beberapa tips mengatasi luka bakar dengan alami.

Mengatasi Luka Bakar dengan Cara Alami
Selama ini, madu banyak digunakan dalam perawatan kecantikan. Tetapi siapa yang menyangka bahwa madu bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Madu memiliki kandungan zat antiseptik yang bisa menyembuhkan luka bakar ringan seperti terkena minyak atau air panas, knalpot, dan lain sebagainya.

Madu dapat berfungsi meminimalisir rasa terbakar dan bekas luka untuk beberapa hari. Cara mengatasi luka bakar dengan menggunakan madu, anda cukup mengoleskan madu di bagian yang terkena luka bakar. Kemudian biarkan beberapa saat hingga madu meresap ke kulit. Lakukan cara ini dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Lavender banyak dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Padahal sebenarnya tumbuhan liar yang tumbuh di semak-semak ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar juga. Cara mengatasi luka bakar dengan menggunakan lavender cukup mudah.

Anda tidak perlu menggunakan lavender yang masih utuh. Cukup gunakan lavender yang sudah diolah menjadi minyak. Campur minyak lavender dengan lidah buaya, setelah itu oleskan pada bagian yang mengalami luka bakar. Selain dicampur bersama dengan minyak lavender, anda bisa langsung menggunakan lidah buaya.

Caranya yaitu dengan memotong lidah buaya dan langsung mengoleskan getahnya pada bagian yang mengalami luka bakar. Lakukan cara ini dengan rutin agar luka cepat mengering. Getah lidah buaya memiliki fungsi mendinginkan dan mempercepat proses pemulihan jaringan kulit.

Kulit pisang yang selama ini dipandang sebagai limbah ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi luka bakar. Caranya mudah saja, cukup oleskan bagian yang lembut ke kulit yang mengalami luka bakar. Disarankan agar kulit pisang dioleskan ke luka bakar hingga kulit pisang berwarna hitam.

Tujuannya agar pemaksimalan zat yang terkandung bekerja sempurna. Selain kulit pisang, cuka pun bisa digunakan untuk hal yang sama. Basahi kapas atau kain dengan cuka, kemudian kompres luka bakar. Lakukan terus dengan cuka yang masih segar ketika rasa sakitnya meningkat. Demikianlah beberapa cara mengatasi luka bakar dengan bahan-bahan alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *