Tempat Sumber Kuman di Mall

wastafel yang jorok adalah sumber kuman

wastafel yang jorok adalah sumber kuman

Pada artikel ini akan dibahas mengenai tempat tempat sumber kuman yang terdapat di mall. Penyakit yang terjadi pada tubuh kita dapat disebabkan oleh beberapa hal yang salah satunya adalah disebabkan oleh kuman. Kuman terdapat dimana saja dimana pun kita berada dan lebih seringnya di tempat yang kotor. Namun tempat bersihpun tidak menutup kemungkinan untuk terjangkit kuman. Nah bagi anda yang berkunjung ke mall atau pusat perbelanjaan, terdapat beberapa tempat yang wajib di waspadai karena diketahui banyak mengandung kuman dan bakteri seperti E. coli.
Berikut tempat tempat sumber kuman yang terdapat di mall atau pusat perbelanjaan.

1. Wastafel
Tempat pertama yang menjadi sumber kuman adalah wastafel. Loh kok kenapa tempat cuci tangan malah mengandung banyak kuman. Lebih tepatnya banyak terdapat pada gagang keran air pada wastafel hal ini dikarenakan orang-orang menyentuh bagian itu setelah menggunakan toilet.

2. Pegangan eskalator
Tempat selanjutnya yang menjadi sumber kuman adalah pegangan eskalator. Menurut kolega Tierno, Charles Gerba, PhD, menyatakan bahwa timnya menemukan kandungan bahan makanan, bakteri E.coli, urin, feses bahkan noda darah pada pegangan eskalator yang terdapat di mall mall atau pusat perbelanjaan. “Oleh sebab itu, sebaiknya mulailah hindari memegang pegangan pada eskalator. Namun bila secara sengaja atau tak sengaja memegangnnya, segera gunakan cairan pembersih tangan sesudahnya.

3. Meja makan foodcourt
Tempat berikutnya yang menjadi tempat kuman berkembang dan berkumpulnya bakteri adalah meja makan foodcourt. Meskipun meja tersebut telah dibersihkan, namun kuman dan bakteri akan tetap berkembang biak bila meja tidak dicuci dengan bersih. Menurut penuturan dari direktur dari divisi mikrobiologi dan imunologi klinis dari New York University Langone Medical Center, Philip Tierno, PhD, mengungkapkan bahwa hanya pembersih disinfektan yang mengandung alkohol yang dapat membunuh kuman dan bakteri yang terdapat pada meja tersebut selain itu kuman dan bakteri masih dapat berkembang.

4. Tombol pada mesin ATM
Tempat selanjutnya adalah tombol pada mesin ATM. Ya, tombol pada mesin ATM merupakan tempat dimana berkembang biak nya mikrobakteria. Sebuah hasil penelitian di China menemukan bahwa tombol pada mesin ATM mengandung sekitar 1.200 kuman, termasuk bakteri E.coli. Untuk mencegah terkenanya bakteri, segera cuci tangan Anda dengan sabun, sesudah menggunakan mesin ATM.

Nah itulah beberapa tempat di maal atau pusat perbelanjaan yang menjadi sumber kuman dan bakteri berkembang biak, dan wajib kita waspadai. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *