Mengapa Olahraga itu Penting Bagi Penderita Kanker Payudara?

Ola raga penting untuk kanker payudara

Ola raga penting untuk kanker payudara

Tubuh manusia diciptakan untuk banyak bergerak dan aktivitas. Olahraga akan membuat otot dan rangka tubuh bergerak, denyut jantung meningkat sehingga darah beserta oksigen dan nutrisi bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jarang berolahraga membuat metabolisme dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu.

Dampaknya, otot tubuh akan kekurangan oksigen sehingga membuat badan terasa pegal-gegal dan kaku. Kekurangan oksigen dalam tubuh juga membuat sel sel lebih lambat beregenerasi dan lebih cepat mati sehingga menimbulkan resiko pertumbuhan sel yang jahat atau lebih dikenal dengan sel kanker.

Berikut beberapa resiko lain jika kurang berolahraga:

  1. Kanker payudara, Studi dari University of Southern California, Los Angeles menunjukan bahwa denga rutin berolahraga bisa mencegah kanker payudara pada wanita. Olahraga membantu mengurangi berat badan, membantu proses perubahan metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang berguna untuk mengurangi resiko tumbuhnya sel kanker.
  2. Osteoporosis, wanita juga sangat rentan terhadap penyakit ini karena pada masa haid dan menyusui anak tubuh akan memerlukan kalsium lebih tinggi, apabila tubuh kekurangan kalsium maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium yang terdapat pada sumsum tulang sehingga akan menyebabkan tulang menjadi rapuh. Kurang olahraga bisa membuat tulang menjadi semakin lemah yang berdampak pada osteoporosis. Penyakit ini menyebabkan tulang mudah patah.
  3. Obesitas / Kegemukan, kurang olahraga memiliki resiko dua kali terkena obesitas. Penyakit yang berhubungan dengan obesitas diantaranya penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan gangguan tidur.
  4. Diabetes Melitus, dua faktor resiko yang bisa memicu timbulnya diabetes adalah kelebihan berat badan dan kurangnya aktivitas fisik. Komplikasi diabetes antara lain penyakit ginjal, jantung, masalah mata, dan kerusakan saraf.
  5. Penyakit Jantung, dengan rutin berolahraga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik, yang membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. Kadar LDL yang tinggi juga beresiko terhadap berbagai penyakit kardiovaskuler.
  6. Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi, dengan melakukan olahraga teratur membantu membuat jantung lebih kuat sehingga mampu memompa darah lebih efisien ke seluruh tubuh. Ketika jantung tidak dibiasakan bekerja keras memompa darah maka kekuatan arteri dan tekanan darah lebih rendah. Penyakit lainnya yang bisa timbul adalah stroke dan gagal ginjal. Baca juga informasi obat herbal kanker payudara mujarab.
  7. Depresi, dengan berolahraga atau aktivitas yang mengeluarkan keringat dapat meredakan depresi. Olahraga dapat menyeimbangkan hormon antara endoktrin dan sistem saraf.

Dengan rutin berolahraga kita sudah lebih maju selangkah dalam memerangi kanker payudara yang tentunya tidak ingin diderita oleh semua orang karena kanker ini termasuk kanker yang bersifat ganas dan cepat penyebarannya yang dapat menyebabkan kematian dalam waktu cepat. Semoga artikel ini dapat menolong kita semua terbebas dari penyakit kanker payudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *